10 Kisah pilu dari penderita penyakit langka

Kita seringkali mengeluh tentang bagian tubuh kita yang dirasa kurang sempurna. Tak jarang, beberapa orang rela melakukan operasi gila-gilaan hanya demi memiliki tubuh yang indah. Namun, tahukah Anda bahwa di luar sana masih ada banyak orang yang bahkan tidak pernah merasakan kesempurnaan tubuh karena sejatinya mereka telah dilahirkan cacat. 

Berikut ini adalah kisah dari sepuluh orang malang yang menderita cacat tubuh yang parah atau penyakit langka. Meski kisah-kisah ini terbilang sangat tragis dan memilukan, namun ini juga bisa memberi inspirasi untuk kita tentang apa itu arti sebuah harapan.


1. Rudy Santos, Octoman
Rudy Santos adalah seorang pria 69 tahun dari Filipina yang menderita kondisi langka yang dikenal sebagai ultra-craniopagus parasiticus atau kembar parasit. Dia adalah orang tertua yang mengalami kondisi ini. Rudy memiliki tambahan sepasang lengan dan kaki ketika saudara kembarnya "terserap" ke dalam tubuhnya selama kehamilan. Rudy sering dipertontonkan dalam pertunjukan orang aneh selama tahun 1970-an dan 1980-an di Filipina. Dia pun kemudian sering dipanggil Octoman.


2. Manar Maged, gadis berkepala dua
Manar Maged lahir di Kairo pada tahun 2004 yang juga menderita kembar parasit. Saudara kembarnya tidak memiliki anggota badan dan hanya bisa tersenyum, berkedip dan menangis. Ketika usianya mencapai sepuluh bulan, Manar dibawa ke rumah sakit di Kairo setelah ia jatuh sakit. Sayangnya, setelah operasi pemisahan Manar dan saudaranya berhasil, saudara kembar Manar meninggal. Kurang dari setahun kemudian, Manar juga meninggal karena infeksi otak yang disebabkan oleh komplikasi dari operasi.


3. Minh Anh, Fish
Minh Anh adalah anak yatim piatu asal Vietnam yang lahir dengan kelainan kulit misterius yang menyebabkan kulitnya mengelupas dan membentuk sisik. Kondisinya diperkirakan telah disebabkan oleh Agen Oranye, bahan kimia yang digunakan oleh Amerika Serikat selama Perang Vietnam. Dia pun dijuluki Fish oleh teman-teman sepermainannya karena kulitnya bersisik seperti ikan.

Ketika Minh masih muda, ia bertemu Brenda, 79, dari Inggris dan dia melakukan perjalanan ke Vietnam setiap tahun untuk melihat Minh. Mereka telah membentuk suatu ikatan yang erat selama bertahun-tahun dan telah menjadi teman baik. Brenda telah membantu Minh dalam banyak hal di panti asuhan, salah satunya adalah meminta agar bocah itu tidak diikat di tempat tidur.


4. Joseph Merrick, Manusia gajah
Joseph Merrick atau biasa disebut Manusia Gajah. Lahir pada tahun 1836, pria asal Inggris ini sempat menjadi selebriti di London dan juga menuai popularitas di seluruh dunia. Ia lahir dengan kondisi yang menyebabkan benjolan besar mengembangkan pada kulit dan tulangnya. Ibunya meninggal ketika ia berusia sebelas tahun dan ia dibuang oleh ayahnya. Ia meninggalkan rumah pada usia masih sangat muda dan bekerja di Leicester menjadi pemain sandiwara. 

Karena ukuran kepalanya yang besar, Yusuf harus tidur duduk. Kepalanya begitu berat sehingga tidak mungkin baginya untuk tidur berbaring. Suatu malam pada tahun 1890, ia mencoba untuk tidur seperti orang normal dan lehernya terkilir. Dia pun kemudian ditemukan tewas keesokan harinya.


5. Didier Montalvo, Turtle Boy
Didier Montalvo berasal dari daerah pedesaan di Kolombia, yang menderita nevus melanocytic bawaan, yang menyebabkan tahi lalat tumbuh di seluruh tubuhnya. Sebagai akibat dari penyakit ini, tahi lalat tumbuh begitu besar sehingga menutupi seluruh punggungnya. Dia pun kemudian dijuluki turtle boy oleh rekan-rekannya. 

Didier dijauhi oleh anak-anak lain dan dilarang sekolah. Ketika seorang ahli bedah Inggris, Neil Bulstrode, mendengar tentang kondisi Didier, ia melakukan perjalanan ke Bogota sehingga ia dapat mengoperasi anak malang itu dan menghilangkan semua tahi lalat di tubuhnya. Didier berusia enam tahun ketika operasi dilakukan. Itu sukses dan seluruh mol itu dipotong. Setelah operasi, Didier sekarang bisa pergi ke sekolah dan hidup normal dan bahagia.